Metode dan Cara Mengatasi Air Kuning Keruh di Sumur Air Rumah

Anda mungkin pernah mengalami masalah air sumur berwarna kuning, kecoklatan dan bau, hal ini disebabkan oleh berbagai macam kemungkinan semisal kandungan besi yang sangat tinggi, sumber air dibuat dibekas lahan yang mempunyai kadar organik tinggi (bekas pembuangan sampah, rawa, lahan gambut dll) sampai karena kadar besi (fe) dan mangaan (mn)  yang tinggi.

masalah air yang berwarna dan berbau ini sebenarnya bisa anda atasi dengan cara yang sederhana dan relatif murah, bagi industri kecil mungkin ini bisa mengurangi cost pengeluaran dan untuk dipakai di rumah tangga tidak akan memberatkan uang belanja.
beberapa cara mengatasinya antara lain :

1. saringan terbuka
buat bak dari beton atau bisa juga memanfaatkan gentong besar, kemudian pada bak pertama isi dengan susunan media sebagai berikut:
– batu kerikil dengan diameter rerata 8cm
-pecahan genteng dengan lebar rerata 4cm
-arang batok kelapa ( bisa buat sendiri atau beli di tukang arang)
-ijuk (dapat dibeli di toko kelontong dengan harga murah)
kemudian buat lubang di bawah bak yang berguna sebagai keluaran air bersih,  untuk ukuran anda bisa menyesuaikan dengan berapa liter kapasitas air yang anda inginkan.  (lihat gambar)
2.Tawas
tawas dalam bahasa teknisnya adalah alumunium sulfat, Cara kerja tawas adalah dengan menyerap kotoran-kotoran yang ada di sekelilingnya, kemudian mengendapkannya. Tawas biasa dijual di toko-toko bangunan berupa bebatuan kecil.
caranya anda bisa membuat bak penampungan atau langsung menaburkan kedalam sumur.
-jika anda ingin menggunakan dengan cara membuat bak penampungan anda harus mencairkan terlebih dahulu tawas dengan mencampur air, kemudian masukan larutan tawas kedalam ember atau botol bekas air mineral beri lubang kecil agar tawas bisa menetes kedalam bak penampungan (sesuaikan lubang dengan kapasitas aliran yang anda inginkan).  kemudian buat lubang di atas bak penampungan sebagai jalur keluaran air bersih.
-menaburkan tawas kedalam sumur, haluskan tawas terlebih dahulu kemudian sebarkan kedalam aumur anda, tunggu sampai beberapa jam dan lihat hasilnya, semakin dalam sumur anda maka tawas yang dibutuhkan semakin banyak juga.
3.menanam ijuk pada sumur
buatlah rangkaian ijuk pada membentuk lingkaran sesuai diameter sumur kemudian tanam ijuk kedalam sumur dan tumpangi pemberat pada atasnya agar ijuk tidak mengambang.
4.membuat filter karbon, zeolit, mangaanese, ferolite
siapkan pipa paralon diameter 4 inch, panjang 1mtr dan dopnya kemudian lubangi pada sisi kiri dan kanan dan sambungkan keluaran pompa pada satu lubangnya.
zeolite/mangaanese/ferolite dapat dibeli di toko alat-alat water treatment,
bungkus media dengan kain mesh kemudian masukkan kedalam pipa dengan perbandingan 1/2mtr ada media dan 1/2mtr kosong, lalu tutup paralon dengan dop yang sudah dilubangi pada sisi satunya.
nyalakan pompa dan lihat hasilnya.
5.Bak Over Flow
 buatlah tiga bak dengan level berbeda, yang nomor satu yang tertinggi dan nomor tiga yang terendah, buat jalur agar air meluber secara perlahan dari bak 1 sampai bak 3, cara ini sebenarnya hanya memperlama proses aliran air dari outlet pompa ke outlet user. (lihat gambar)b

 

 

 
cara-cara di atas dapat dilakukan se ndiri dengan harga yang relatif murah.

Namun, bila kesibukan Anda menghalangi. Serahkan masalah pengeboran dan penjernihan air rumah Anda kepada Hydro Teknik.

Service pompa air dengan harga murah dan kualitas terbaik.
Jasa konsultasi kami, gratis!

Upload 1


tags: keadaan sumur bor di bawah tanah, solusi sumur mesin air, ciri zat besi dan mangan, air sumur tanah berwarna bau perih, bagaimana air bisa terhisap oleh pompa, pompa air di dalam tanah, mengatasi air kuning, harga kapasitor

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s