Cara Mengatasi Air Keruh ,Kuning, Berpasir, Bau dan Kotor

Mengatasi air keruh
Mengatasi air sumur yang keruh

Mengalami air keruh dan kotor? Ingin tahu cara mengatasi air kuning, zat besi, atau berpasir? Nah, berikut Anda akan diberikan info lebih dalam mengenai cara pembersihan air sumur

Anda mengenal arang bukan ? Bahan yang satu ini pernah kita bahas sebelumnya dalam posting Tips Cara Membersihkan Toilet atau WC. Arang yang mengandung karbon aktif sebenarnya sangat ampuh membunuh bakteri – bakteri jahat. Kemampuannya yang seperti inilah yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi air sumur yang keruh akibat dari adanya bakteri dalam air sumur anda.

Caranya sangat mudah, masukkan batangan arang dalam sumur dan jangan lupa untuk mengikatnya erat – erat dengan tali supaya tetap menyatu. Setelah sekian lama sekitar 2 bulan atau 3 bulan sekali, ganti dengan arang yang baru. Dengan cara ini semoga air sumur yang keruh dapat kembali jernih. Selain arang anda dapat mempergunakan tawas ataupun batu kapur sebagai alternatif lain untuk menjernihkan air sumur di rumah anda.

Tambahan
Salah satu indikasi air sumur menjadi keruh yang disebabkan oleh bakteri adalah adanya lumut yang tumbuh di sekitar dinding sumur.
Mengatasi air sumur yang bau

Kebanyakan alasan kenapa air sumur anda menjadi berbau karena disebabkan oleh adanya bakteri yang berkembang biak dalam air sumur di rumah anda. Bakteri tersebut membuat air sumur anda menjadi berbau dan tak layak untuk dikonsumsi terutama untuk minum dan mengolah makanan.
Untuk mengatasi masalah air sumur yang bau, anda dapat mempergunakan arang. Caranya sama dengan cara mengatasi air sumur yang keruh pada poin yang dijelaskan sebelumnya.
Mengatasi air sumur yang berwarna kekuningan

Air sumur yang berwarna kekuningan biasanya disebabkan oleh adanya kandungan zat besi yang tinggi di dalam air. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menambah kedalaman sumur di rumah anda kurang lebih 3 – 4 meter.
Mengatasi air sumur yang mengandung gambut

Untuk mengatasi air sumur yang tidak bersih dan sehat akibat adanya kandungan gambut (lignin) yang besar di dalam air, anda dapat mempergunakan campuran Lignin Absorbent, Coagulant dan Flocculant. Masukkan campuran tersebut di dalam bak penampung air yang telah diisi air sumur dan jangan dimasukkan ke dalam air sumur anda. Setelah beberapa saat gambut (lignin) akan mengendap di dasar bak penampung air, baru kemudian ambil air jernihnya jangan sampai endapat tersebut ikut terambil, selanjutnya saringlah air tersebut. Nah dengan cara ini air yang mengandung gambut (lignin) akan menjadi air bersih dan dapat dikonsumsi.
Mengatasi air sumur yang asin

Untuk anda yang berkediaman di daerah pesisir pantai, untuk memperoleh kualitas sumber air bersih dan sehat sepertinya sedikit sulit sebab secara langsung air tanah telah terkontaminasi dengan air laut sehingga kadar garamnya menjadi lebih tinggi dan tidak layak di konsumsi.
Untuk mengatasi kadar garam yang tinggi ini, saat membuat sumur disarankan kedalaman sumur kurang lebih 100 meter. Dengan cara ini sumber air yang di dapat akan menjadi bagus namun perlu diingat karena sumbernya diperoleh dari kedalaman 100 meter, air akan memiliki warna tersendiri dan suhunya di atas rata – rata dari air sumur biasa.

Untuk membuktikan apakah cara – cara di atas 100% dapat mengatasi air sumur anda yang bermasalah menjadi air bersih dan sehat untuk dikonsumsi, ada baiknya anda uji lebih dulu di labolatorium untuk mendapatkan keakuratan hasilnya.
Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah air sumur di rumah anda, dan semoga ulasan tentang Tips Cara Mengatasi Air Sumur Yang Bermasalah Menjadi Air Bersih dan Sehat ini bisa sedikit membantu memecahkan permasalahan anda.

HYDRO TEKNIK BISA MEMBANTU ANDA

Sumur Bor yang dalam (DEEP WELL DRILLING) memiliki beberapa keunggulan, dibandingkan dengan penggunaan Filter Air untuk memproses air baku yang tidak memenuhi syarat air bersih menjadi air bersih.Penggunaan Filter air memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang cukup merepotkan serta membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi.
Sumur Bor yang dalam (DEEP WELL DRILLING) memiliki beberapa keunggulan, dibandingkan dengan penggunaan Filter Air untuk memproses air baku yang tidak memenuhi syarat air bersih menjadi air bersih.Penggunaan Filter air memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang cukup merepotkan serta membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi.

Dengan menggunakan SUMUR BOR DALAM (DEEP WELL DRILLING) masalah diatas bisa diatasi karena kecenderungan kondisi tanah yang memiliki kandungan air yang jelek / tidak memenuhi syarat air bersih tersebut biasanya berkisar di kedalaman 12 m s/d 200 meter.

Upload 1

Untitled3

Situs Resmi Hydro Teknik : www.hydocoteknik.com

Iklan

4 pemikiran pada “Cara Mengatasi Air Keruh ,Kuning, Berpasir, Bau dan Kotor

  1. pudji tr berkata:

    kedalaman smr bor 60 meter usia 10th….sudah 2 minggu ini jika ngambil airnya pagi/siang ada sedikit pasir yg sangat halus…tapi kalo sore atau mlm bersih tak berpasir……
    kenapa demikian ?
    terimakasih pencerahannya.

    Suka

  2. Azarynah berkata:

    Ada cawangan di Malaysia???? Memang saya bermasalah dgn situasi ini. Harap pihak tuan dapat beri makluman. Terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s